Home » Uncategorized » Mengenal Lebih Dekat Sosok Prof. Dr. H. Ace Partadiredja

Mengenal Lebih Dekat Sosok Prof. Dr. H. Ace Partadiredja


Prof. Dr. H Ace Partadireja,  sebuah  nama yang kini melekat pada Fakultas Ekonomi UII. Namun muncul pertanyaan di benak sebagian besar mahasiswa Fakultas Ekonomi UII , “ Siapakah sosok dari Prof. Dr. H. Ace Partadireja?”.Hal itulah yang membuat kami antusias untuk sedikit mengulas mengenai Prof. Dr. H Ace Partadireja.

Beliau yang dilahirkan di kota Garrut, Provinsi Jawa Barat pada tahun 1935 merupakan rektor Universitas Islam Indonesia untuk masa bakti 1983-1989. Ia telah menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada pada tahun 1960. Kemudian melanjutkan pendidikannya di Amerika yang berlangsung selama enam tahun. Sehingga Ia mendapatkan gelar Ph.D dari   Agricultural Economics University of Wisconsin Madison, Wiconsin USA..

Sebelum beliau ambil peran dalam jabatan rektor pada tahun 1983, Prof. Dr. H Ace Partadireja merupakan tenaga pengajar di Fakultas Ekonomi UII. Sebab itulah mengapa kini nama Prof. Dr. H Ace Partadireja diabadikan sebagai nama gedung Fakultas Ekonomi yang terletak di daerah Condong  Catur, Sleman, Yogyakarta. Bahkan beliau pada saat itu telah diamanahi untuk ikut menjadi anggota Pleno Wakaf UII, yang seterusnya beliau diangkat menjadi Bendahara Yayasan Badan Wakaf UII. Kemudian pada Sidang Senat Universitas tanggal 14 November 1981 pak Ace Partadiredja dipercayai untuk menjabat sebagai Pembantu Rektor I ( Bidang Akademik).

Pengangkatan beliau sebagai Pejabat Rektor dikarenakan wafatnya HGPBH Prabudiningrat yang masih dalam masa jabatan . Maka dengan melihat Statua UII pasal 8 yang dapat menjadi Pejabat Rektor ialah Pembantu Rektor I yang pada saat itu dijabat oleh Prof. Dr. H. Ace Partadireja.  sebagai Pembantu Rektor I paling lama 6 bulan lamanya. Namun Senat Universitas memberi usulan kepada Pengurus Harian Badan Wakaf untuk mengangkat Prof. Dr. H Ace Partadireja sebagai Rektor dengaan masa bakti 1981-1985. Maka Pengurus Harian Badan Wakaf mengeluarkan SK No. 48/A.I/1987 tanggal 21 April 1983 yang berisikan tentang pengangatan Prof. Dr. H Ace Partadireja sebagai Rektor UII yang definitif dengan masa bakti 1981-1985.

Pengangkatan ini sesuai dengan persetujuan dari Rektor UGM dan Mentri P&K . Dalam masa jabatan ini beliau dibantu oleh Pembantu Rektor I Drs. H. Soeryono, MA yang menangani bidang akademik, Pembantu Rektor II Drs. H. Asy’ari Anwar yang menangani bidang keuangan, Pembantu Rektor III Dahlan Thalib, SH yang membawahi bidang kemahasiswaan dan alumni, serta Pembantu Rektor IV Ir. RHA. Sahirul Alim, M.Sc yang menangani bidang keagamaan.

Banyak hal yang dilakukan beliau selama menjabat sebagai Rektor.  Pembuatan kampus terpadu pun tak lepas dari jasa beliau. Pada masa itu beliaulah yang menjadi ketua pelaksana sehingga terpilihnya lahan yang belokasi di desa Bonjotan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman sebagai tempat didirikannya kampus terpadu yang pembiayaannya melalui dalam UII sendiri dan luar UII berupa permintaan bantuan kepada badan sosial, lembaga pendidikan dan perseorangan.

Image

sumber gambar : google

Dalam hal akademik sendiri pun mendapat perhatian beliau, hal tersebut terlihat dari pendelegasiasan pada bulan Mei 1982 ke beberapa  lembaga pendidikan, keagamaan, dan social yang ada di Saudi Arabia dan Malaysia. Juga perolehan status jurusan Akutansi yang berdiri tahun 1980 dan  pada tahun 1983 ststusnya menjadi “ terdaftar “. Dalam hal akademik juga uii di dikung dengan program beasiswa bagi yang berprestasi atau yang kurang dalam hal ekonomi. Pada saat itu banyak lembaga lembaga yang mendukung dalam hal beasiswa baik dari internal uii sendiri  ataupun dari luar seeperti Bank Niaga, Dinas Pekerjaan Umum Republik Indonesia dan masih banyak lagi.

Beberapa hal itulah yang membuat animo masyarakat meningkat. Perkembangan nya terlihat dalam data statistic kemahasiswaan uii bahwa dari tahun ke tahun uii semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat. Mendukung hal itu, Dinas P&K membari bantuan dalam hal akademik melalui pemberian bantuan dosen dosen negri yang diangkat menjadi dosen tetap uii, juga dalam bidang fisik atau peralatan serta perllengkapan juga mendapat bantuan guna menunjang jalan nya kegiatan perkuliahan pada saat itu.

Dengan menunjukan hasil serta kinerja yang baik selama masa bakti 1981-1985. Maka  Prof. Dr. H. Ace Partadireja dipercaya kembali sebagai Rektor masa bakti 1985-1989.  Namun di masa jabatannya yang kedua ini, terjadi perubahan pada struktur organisasi pada tingkat pimpinan. Terjadi perubahan, hanya Pembantu Rektor I II II saja, sedangkan pada Bidang Keagamaan di lingkkungan UII dilaksanakan oleh sebuah lembaga Badan Pembinaan dan Pengembangan Keagamaan Universitas Islam Indonesia ( BPPK – UII ). Pembantu Rektor I dijabbat oleh Ir. KRT. Wisnukoro Hanotoprojo, Pembantu Rektor II dijabat oleh Drs. Effendi Ari, dan Pembantu Rektor II dijabat oleh Dahlam Thalib, SH.

Di masa jabatan yang kedua ini, banyak terjadi pengembangan dalam bidang yang ada dari periode sebelumnya. Bidang akademik pada saat itu membuat kebijakan untuk memberi calon mahasiwa diberi kesempatan untuk mendaftar lebih dari datu fakultas yang ada di UII. Serta sistim sks dimantapkan dan KKn diwajibkan untuk Fakultas Syariah Tarbiah dan Teknik, namun bersifat tidak wajib bagi Fakultas Hukum dan Ekonomi. Jajaran pengajarpun mendapatkan perhatian melalui kerja sama keluar negeri dan program short course.   Dalam bidang keagamaan berbagai kegiatan keagamaan  dilakukan oleh BPPK. Kerjasama, kegiatan kemahasiawaan perpustakaan juga ditingkatkan guna peningkatan kualitas dan mutu.

Dalam perjalanan proyek pembuatan Kampus Terpadu UI memang banyak menimbulkan masalah. Akan tetapi perjalanan dalam proses pembuatan Kampus Terpadu UII tidak terhenti sampai di situ saja.  Sampai  kini pada akhirnya kita dapat melihat beberapa gedung– gedung megah yang ada pada Kampus Terpadu UII. Di akhir jabatan Prof. Dr. H. Ace Partadiredja beliau telah banyak menyumbangkan sumbangsih tenaga untuk memajukan UII. Pada tahun 1989 di akhir periode, beliau berhenti dan digantikan oleh Prof. h. Zaini Dahlan, Ma dikarenakan beliau menjabat sebagai salah satu professor di National Univerisity of Singapore. Demikianlah perjalanan Prof. Dr. H. Ace selama menjabat sebagai rector di UII.

Maftuhi Firdaus

Staff UKP


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: